Rabu, 05 Januari 2011

Sepedahku berdebu...

Setelah hampir 8 bulan tidak bersepeda (ngontel)...akhirnya tadi sekitar jam setengah empatan saya di sms teman2 dari Horrex (sebuah perkumpulan sepedah ontel di jember) untuk ngumpul di sirkuit bmx belakang gedung soetardjo...senang rasanya...tapi cuapek banget (akibat kurang berolahraga, merokok yang ngebes dan tiap hari melekan)...hehe...Tapi sebelum itu...

Saat mau berangkat ngontel biasanya saya mengecek kondisi sepeda terlebih dahulu sebelum dipakai, eh...ternyata bannya kempes semua...cukup lama nggak ada yang menaikinya. catnya pun tertutup debu sebagian, tak hanya itu...laba - laba juga ada yang bersarang di rangka si Bleki....oh iya, Bleki adalah nama sepeda saya...hehe...

Kasihan si Bleki...sangat kotor dan tidak terawat saya lihat...

Setelah selesai memompa ban sepeda, dan tahu tidak ada yang bocor, saya bergegas mengambil sehelai kain setengeh kotor yang ada dipojok garasi, dan kemudian mengelap seluruh permukaan tubuh si Bleki hingga debu dan sarang laba - labanya hilang...(maaf ya laba - laba...bikin sarang lagi ya...tapi jangan disini...)...nah...sekarang sudah mengkilap lagi catnya, seperti dulu...

Ternyata debu tadi memiliki fungsi juga selain membuat kotor...tapi juga bisa melindungi cat agar tidak cepat kusam...hehe...

Sering kita akan merasa sedikit jengkel apabila barang kesayangan ataupun diri kita sendiri terkena kotoran...yang membuat kita harus bersusah susah lagi untuk membersihkannya.Ternyata debu juga memiliki fungsi sendiri - sendiri. Contohnya seperti debu yang menghinggapi si Bleki tadi...ataupun juga, debu saat kita bertayamum, jika suatu ketika kesulitan air

Debu memang identik dengan tidak bersih alias kotor...tapi jika tidak ada debu ataupun kotoran, kita tidak akan pernah belajar untuk bersih - bersih...
Seseorang ataupun sesuatu yang tampak kotor diluarnya, belum tentu tidak bersih atau jelek didalamnya...itu menurut pengalaman saya.

catatan ; ngontel (bahasa jawa) = mengayuh sepeda
              sepedah ontel = sepeda kayuh, sepeda tanpa mesin, hemat energi, bebas polusi dan polisi...hehehe




Kenalkan ...nama saya Bleki...

9 komentar:

  1. Debu juga ciptaan Tuhan..satu dari tak terhingga ayat ayat Nya yang berceceran;

    BalasHapus
  2. @Propa nanda ; eh...sam kernet...ada apakah???
    @Masbro ; anda benar sekali sam bro...minta rokoknya dong???

    BalasHapus
  3. Loh ini mas mungki tukan servis pedal sepeda itu ya...?

    BalasHapus
  4. @Lozz Akbar ; bukan mas loss...saya sekarang jadi tukang pangur untu...wakawakwakwak...

    BalasHapus
  5. Mas Mungki, ini background nya nggawe dewe yo? Digawe mandeg (tidak ikut gerak) apik ketok'e. Selamat Makan.

    BalasHapus
  6. @Keluarga Tamasya ; piye carane???...aku ndak ngerti.

    BalasHapus
  7. lho..onok markowan...hehe
    piye wan...wis sehat???

    BalasHapus